Setelah Perang Dunia II, Jamaika membeli radio dalam jumlah yang meningkat dan mampu mendengar irama dan musik Blues dari Amerika Serikat Selatan kota-kota seperti New Orleans oleh artis seperti Fats Domino dan Louis Jordan. ritme Domino, menonjolkan offbeat seperti dalam lagu "Be My Guest", adalah pengaruh tertentu. penempatan pasukan militer Amerika selama dan setelah perang berarti bahwa Jamaika bisa mendengarkan siaran militer musik Amerika, dan ada masuknya konstan catatan dari AS . Untuk memenuhi permintaan untuk musik itu, pengusaha seperti Prince Buster, Coxsone Dodd, dan Duke Reid membentuk sistem suara.
Sebagai pasokan lagu sebelumnya pernah terdengar di blues melompat dan lebih tradisional R & B bergenre mulai mengering di akhir 1950-an, produsen Jamaika mulai merekam versi mereka sendiri dari genre dengan seniman lokal. Rekaman-rekaman ini awalnya dibuat untuk dimainkan pada "Soft Wax" (pernis pada logam disk asetat kemudian menjadi dikenal sebagai "Dub piring"), tetapi sebagai permintaan mereka tumbuh akhirnya beberapa waktu di paruh kedua 1959 (Diyakini oleh sebagian besar berada di kuartal terakhir) produsen seperti Coxsone Dodd dan Duke Reid mulai mengeluarkan rekaman ini pada cakram 45RPM 7inch. Pada titik ini gaya adalah salinan langsung dari Amerika "Shuffle Blues" gaya, tetapi dengan dua-tiga tahun ini telah berubah menjadi gaya Ska lebih akrab dengan off mengalahkan chop gitar yang terdengar di beberapa lebih uptempo akhir 1950 Amerika Rhythm & Blues rekaman seperti Fats Domino "Be My Guest" dan Barbie Gaye "Anakku Lollipop" (kedua catatan yang sangat populer di Jamaika Sistem Suara dari akhir 1950-an). Gaya ini 'klasik' Ska adalah bar terdiri dari empat triplet tetapi ditandai dengan memotong gitar pada off beat - dikenal sebagai upstroke atau pelacur - dengan tanduk memimpin dan sering mengikuti off mengalahkan pelacur dan piano menekankan bass line dan, sekali lagi, bermain mesum [1] Drum disimpan. 4/4 waktu dan bass drum itu beraksen pada ketukan ketiga setiap frase 4-triplet. Jerat akan bermain sisi tongkat dan aksen mengalahkan ketiga setiap frase 4-triplet. Suara upstroke juga dapat ditemukan dalam bentuk Karibia musik lain, seperti mento dan calypso.
Salah satu teori tentang asal usul ska adalah bahwa Prince Buster menciptakannya selama sesi rekaman perdana untuk label rekaman barunya liar Bells. Sesi ini dibiayai oleh Duke Reid, yang seharusnya mendapatkan setengah dari lagu-lagu untuk melepaskan. Gitar mulai menekankan ketukan kedua dan keempat di bar, sehingga menimbulkan suara baru. Drum diambil dari drum dan marching gaya tradisional Jamaika. Untuk membuat beat ska, Prince Buster dasarnya membalik irama R & B shuffle, menekankan offbeats dengan bantuan gitar. Prince Buster secara eksplisit dikutip rhythm Amerika & Blues sebagai asal dari ska, khususnya lagu Willis Jackson "Kemudian untuk Gator" yang nomor satu pilihan Coxsone Dodd dan Duke Reid nomor satu spin "Hey Hey Mr Berry", sampai hari ini oleh seorang seniman tak dikenal dan dengan ini gelar yang diberikan (Dengan cara Utara Jiwa DJ digunakan untuk menutupi identitas catatan untuk mencegah DJ lainnya dari menemukan salinan), lelucon di antara yang masih hidup Soundmen Jamaika yang berada di sana pada waktu itu adalah bahwa "ini adalah satu Duke turun ke makam dengan dia ".
Rekaman ska pertama diciptakan di fasilitas seperti Studio One dan Wirl Records pada Kingston, Jamaika dengan produsen seperti Dodd, Reid, Prince Buster, dan Edward Seaga. Suara ska bertepatan dengan perasaan perayaan sekitarnya kemerdekaan Jamaika dari Inggris pada tahun 1962; acara diperingati oleh lagu-lagu seperti Derrick Morgan "Teruskan Maret" dan The Skatalites '"Kebebasan Suara".
Jamaika baru merdeka meratifikasi Konvensi Berne untuk Perlindungan Karya Sastra dan Seni pada tahun 1994. Sampai saat itu negara tidak menghormati perlindungan hak cipta musik internasional. Hal ini menciptakan sejumlah besar lagu penutup dan penafsiran. Satu penutup seperti itu versi Millie Small R & B / mengocok lagu, "My Boy Lollypop" pertama kali tercatat di New York pada tahun 1956 oleh Barbie Gaye berusia 14 tahun. Smalls 'versi berirama sama, dirilis pada tahun 1964, telah pertama hit internasional yang sukses secara komersial Jamaika. Dengan lebih dari tujuh juta eksemplar terjual, itu tetap menjadi salah satu yang terbaik lagu jual reggae / ska sepanjang masa. Banyak seniman Jamaika lainnya akan sukses merekam versi instrumental musik ska Amerika dan Inggris populer, seperti lagu-lagu Beatles, Motown dan hit jiwa Atlantik, tema film lagu dan instrumental surfing rock. The Wailers tertutup The Beatles '"Dan aku Love Her", dan secara radikal ditafsirkan Bob Dylan "Seperti Rolling Stone". Mereka juga menciptakan versi mereka sendiri dari musik Latin-dipengaruhi dari artis seperti Mongo Santamaria.
Byron Lee & the Dragonaires dilakukan ska dengan Prince Buster, Eric "Monty" Morris, dan Jimmy Cliff di 1964 New York World Fair. Seperti musik berubah di Amerika Serikat, begitu pula ska. Pada tahun 1965 dan 1966, ketika musik soul Amerika menjadi lebih lambat dan lebih halus, ska berubah suaranya sesuai dan berkembang menjadi rocksteady. Namun, masa kejayaan rocksteady adalah singkat, memuncak pada tahun 1967. Pada tahun 1968, ska berkembang lagi menjadi reggae.
Comments
Post a Comment